Menyimpan File di Internet, Sebuah Alternatif

Bagi sebagian orang flash disk menjadi media portable yang paling digandrungi sebagai tempat menyimpan file. Pada dekade sebelum ini, orang lebih sering menyimpan file di disket. Mungkin tidak banyak yang mengalami masa-masa ketika harus menyimpan file di sebuah disket. Kebanyakan netters jaman sekarang lebih mengenal USB Flashdik daripada disket.


Nggak salah memang jika orang-orang lebih suka menggunakan Flashdisk ketimbang disket, disamping karena emang lebih modern, menyimpan file-file dengan flashdisk memang lebih menguntungkan. Kapasitas flashdisk yang super gede dibanding disket mungkin menjadi salah satu pemicu. Tapi bagaimana jika kita sedang ke warnet terus lupa tidak membawa flashdisk. Tentu kita akan kerepotan untuk menyimpan file-file yang sudah kita kumpulkan selama pengembaraan kita di dunia maya.


Akan tetapi sekarang hal itu sudah bisa teratasi dengan adanya media penyimpanan online, yang biasa oranng sebut file hosting,  yang jumlahnya sangat banyak. Yang lokal ada, yang nonlokal lebih banyak. Tinggal terserah kita saja mau menggunakan yang mana. Ada yang gratis ada juga yang berbayar. Kalau anda punya banyak kocek, berbayar tentu lebih aman.


Dari sekian banyak file hosting yang berserakan di internet, saya akan membeberkan beberapa file hosting yang biasa saya gunakan untuk menyimpan file-file saya.


1. Indowebster


Dari sekian file hosting dari lokal, mungkin hanya Indowebster yang paling terkenal. Indowebster menyediakan fasilitas yang lumayan sebagai media penyimpanan olnine kita. Maksimum upload yang lebih dari 1 GB menyebabkan Indowebster sangat laris bagi netters lokal. Keuntungan menggunakan Indowebster adalah servernya yang terletak di Indonesia, sehingga kita akan lebih cepat jika mau upload maupun download file. Banyak film-film, software, ebook yang sudah terupload di Indowebster. untuk menggunakan layanan yang GRATIS ini, anda harus mempunyai akun di sana.


2. 4Shared


Ini adalah file hosting favorit saya setelah Indowebster. Kapasitas per user saja melampaui 10 GB. Lumayan besar untuk ukuran saya. Akses untuk download nya juga lumayan cepat. Di sini ada dua kategori user, premiun dan free. Untuk yang premium tentu kapasitasnya lebih besar. Yang membuat saya lebih suka ini ketimbang rapidshare dan file hosting lain adalah tidak ada iklan pop up, dan waktu tunggu untuk downloadnya hanya 10 detik. Bandingkan dengan rapidshare yang kadang lebih dari dua menit.


3. Ziddu


Ziddu ini juga lumayan untuk yang gratis-gratisan. Kapasitasnya juga lumayan. Sayangnya maksimum upload per file nya cuma 200 MB


4. Mediafire


5. Sendspace


Tentu masih banyak lagi media penyimpanan online yang dapat kita gunakan. Silakan mencoba!


Leave a Reply

Powered by Blogger.