Ayo Beralih Ke Flock, Adik Kandung Firefox

Hampir setiap hari jutaan orang terhubung ke internet. Dunia yang satu ini memang ga ada habisnya. Melalui computer orang dapat berselancar di dunia maya sepuas-puasnya. Bukan hanya itu, semenjak Blackberry meledak di pasaran tahun 2009 kemarin, mobile internet menjadi sangat populer. Ini tentunya menambah daftar panjang pengguna  internet yang online.


Setiap orang yang berinternet tentu  membutuhkan browser untuk mendukung aktifitasnya. Kegiatan yang sering orang lakukan saat online tak jauh dari kegiatan browsing, chatting, facebook-ing (maksa…), dan sebagian kecil blogging. Ada banyak browser yang dapat dipilih internet mania untuk digunakan. Sejak internet berkembang pesat, memang internet browser juga ikut berkembang dengan pesat. Anda bisa memilih satu atau dua diantara Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape Navigator, Apple Safari, Google Chrome, dan Flock.


Mungkin sebagian orang lebih familiar dengan tiga browser awal yang saya sebutkan di atas. Karena sampai saat ini hanya mereka dan Google Chrome yang paling mendominasi penggunaan browser internet.  Tapi apa salahnya kalau mencoba browser yang lain, yaitu Flock. Kenapa saya merekomendasikan Flock?


Bagi saya sendiri Flock masih “baru”. Karena memang saya baru “menemukan” Flock ini juga akhir Desember kemarin, setelah saya menelusuri blog teman saya. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Mozilla Firefox dalam pengembaraan di dunia maya, tentu tidak akan sulit untuk beradaptasi dengan Flock ini. Karena fasilitasnya yang sangat mirip dengan Mozilla Firefox ini maka saya juluki dia sebagai “Adik Kandung” Mozilla Firefox. Tentu ada alasan kenapa saya menjadikan dia adik kandung si Firefox. Dari apa yang saya lihat di “about “-nya Flock di situ tertulis bahwa Flock diciptakan oleh Mozilla Foundation dan pertama kali ada tahun 2005. Jadi saya pikir Flock ini memang adik kandung Firefox. Flock terakhir, sampai saat tulisan ini dibuat, sudah versi ke 2.5.5.


Seperti yang sudah saya sampaikan diatas, Flock ini “mirip” dengan Firefox, bahkan hampir sama. Dibagian Menu Bar-nya, sama persis dengan kepunyaan Firefox. Kalau kita mau mengatur setting-annya pun semudah kita men-setting Firefox. Tentu ada yang membedakan dengan Firefox yang membuat Flock ini layak untuk dicoba. Di sana ada Flock Bar yang berisi tool-tool buat kita yang suka social networking seperti Facebook, Myspace, Twitter dsb.


Jika Anda klik icon bola dunia maka akan muncul halaman My World nya Flock.



Anda tinggal memilih ingin menggunakan yang mana.


Jika anda klik icon orang dalam Flock Bar, Anda dapat memilih layanan jejaring social, yang support dengan Flock, seperti Facebook, Myspace, Youtube, Twitter , Bebo, Flick dan Digg. Cukup banyak memang situs jejaring social yang sudah support dengan Flock. Anda tinggal pilih salah satu dan login seperti biasa.


Di sebelah kanan ikon orang adalah ikon media bar. Dengan media bar ini anda dapat melihat foto ataupun video streaming dari layanan foto online maupun penyedia video streaming. Ada banyak media stream yang bisa dipilih anda tinggal mncobanya satu-satu. Di media bar ini juga fasilias pencarian yang lumayan, juga untuk berbagai media streaming yang sangat banyak itu.


Ikon amplop merupakan ikon untuk messaging. Dengan klik ikon itu, and dapat login ke salah satu akun email anda, bisa Yahoo!, Gmail atau AOL . Ikon Feed digunakan untuk membuka layanan feed , jika kita berlangganan artikel via feed dari sebuah blog atau website.


Ikon bintang digunakan untuk membuka website yang sudah kita bookmark. Ada juga fasilitas web clipboard, blog editor dan juga photo uploader yang terletak dibagian paling kanan Flock Bar. Ikon kunci merupakan ikon yang digunakan untuk membuka seluruh layanan yang diberikan Flock. Ada banyak sekali fasilitasnya di sana.


Tertarik? Langsung saja Download Flock disini.


© 2009 by blog.math.uny.ac.id/masrosid


Leave a Reply

Powered by Blogger.