Cara Menulis Huruf Beraksen pada Windows


Kebanyakan komputer dan laptop yang beredar di Indonesia menggunakan keyboard dengan tata letak sistem amerika. Maka dari itu, umumnya pengguna tidak bisa langsung menuliskan huruf yang beraksen. Huruf yang beraksen yang dimaksud di sini adalah huruf seperti ñ (la enye) pada abjad/alfabet Bhs. Spanyol, atau ö (o umlaut) pada alfabet Bahasa Jerman. Ketiadaan tuts seperti huruf beraksen itu tentu akan menyulitkan bagi kita yang ingin menuliskan huruf-huruf itu, khususnya bagi yang sedang belajar bahasa Spanyol atau Jerman.

Pengguna Windows dapat mengubahsesuaikan keyboard mereka agar dapat digunakan untuk memasukkan huruf beraksen langsung dari keyboard, tanpa harus menghafal kode-kode unicode masing-masing huruf. Pada tulisan kali ini akan saya berikan langkah-langkah cara menulis huruf beraksen pada Windows. Cara menulis huruf beraksen pada Windows ini berlaku pada Windows XP, Vista, 7 atau 8. Untuk sistem operasi yang lain, seperti Mac OS atau Linux, saya belum tahu caranya.

Berikut langkah-langkah untuk mengubah pengaturan keyboard, agar dapat digunakan untuk menulis huruf beraksen pada Windows.
  1. Pada komputer Windows anda, klik “Start”, lalu klik “Control Panel”.
  2. Buka “Regional dan Language Options” dengan cara klik ganda pada shortcutnya.
  3. Pada tab “Keyboards and Languages” klik “Change keyboards..”
  4. Klik "Add" dan scroll ke bawah sampai ketemu "English (United States)."
  5. Centang checkbox berlabel "United States-International," lalu klik "OK."
  6. Klik dropdown menu di bawah sub menu "Default input language", kemudian pilih "United States-International" dari daftar yang muncul. Klik "Apply" untuk menyimpan perubahan, dan klik "OK" untuk keluar.
  7. Sekarang anda dapat menulis huruf beraksen dengan keyboard anda. Misalkan anda ingin menulis ñ untuk kata niña atau mañana, yang perlu anda lakukan adalah tekan tombol SHIFT +tilde(~) secara bersamaan, kemudian tekan tombol “n” seperti biasa. Tombol tilde biasanya berada di sebelah kiri tombol 1. Untuk menulis aksen seperti huruf ú pada kata tú, yang perlu anda lakukan adalah tekan tombol aksen ('), kemudian tekan u. Anda bisa mencoba untuk huruf-huruf yang lain agar terbiasa.
Nah demikian tips cara menulis huruf beraksen pada Windows yang bisa saya sampaikan, semoga tulisan sederahana ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan huruf-huruf beraksen. Tuliskan komentar anda di kolom komentar jika ada pertanyaan. :)

Leave a Reply

Powered by Blogger.